Bisa Daftar Bulan Juni, Kemenparekraf Siapakan Bantuan Insentif 60 Milliar

Foto: net, Menparekraf Sandiaga Uno.

Centralnews – Jakarta, Kabar gembira bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif )Kemenparekraf) menyiapkan bantuan insentif senilai total Rp 60 miliar.

Pelaku usaha bisa mendaftar mulai bulan Juni. Bantuan insentif ini menurut Menparekraf Sandiaga Uno sudah diberikan sejak tahun 2017 dan di luar dari dana hibah pariwisata yang tahun ini belum bisa dicairkan.

“Bantuan insentif akan berlanjut di 2021 yang sudah berjalan dari 2017 tidak ada prioritas destinasi, open submission pada 4 Juni ditutup 4 Juli 2021. Bantuan ini merupakan suatu bentuk kebijakan yang berkeadilan yang kami ingin sampaikan untuk para pelaku usaha kecil dan pengusaha pemula yang sedang berusaha bertahan,” ujarnya dikutip dari detikcom, Selasa (25/5/2021).

Adapun bantuan tersebut akan diberikan kepada 6 subsektor industri ekonomi kreatif seperti penyedia aplikasi, game, developer, kriya, fashion, kuliner dan film serta 13 subsektor pariwisata sesuai Undang-undang nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

“Ini memang fokusnya di usaha kecil yang akan diberikan insentif, tidak ada prioritas dari destinasi bantuan insentif, sudah dari 2017 tapi tahun ini akan diberikan lebih dari dua kali lipat, dan jumlahnya yang akan kita sentuh di program bantuan insentif ini adalah yang sifatnya usaha-usaha yang punya dampak signifikan bagi kemampuan kita untuk bertahan, sociopreneur memiliki dampak sosial dan lingkungan menjadi nilai tambah, tidak ada kuota, tidak ada batasan dan lain-lain kita buka dari 4 Juni sampai 4 Juli dan harapan kita ini bisa membantu sebagai program berkeadilan yang tetap sasaran,” ujarnya.

Loading...

Lebih lanjut, Sandi mengklaim, pihaknya akan berupaya mempercepat program vaksinasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang masih rendah. Di Jakarta saja menurut Sandi, dari 45.140 pekerja di sektor parekraf seperti hotel restoran, catering, wedding organizer, bioskop, travel, biro perjalanan wisata juga ada usaha golf, fitnes, rekreasi dan spa baru 2,97 persen atau 1.342 orang yang sudah divaksinasi.

“Oleh karena itu kami ingin mengakselerasi vaksinasi pekerja di sektor parekraf,” ujar Sandiaga Uno. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here