Derita Diabetes, Nurhasanah: Saya Beruntung Miliki JKN-KIS

Centralnews – Lebak, Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terus dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar masyarakat. Salah satunya ialah Nurhasanah (63) warga Kp. Babakan Nambo Seeng, Kecamatan Cijoro Kabupaten Lebak, Banten. 

Diketahui beberapa tahun belakangan ini, Nurhasanah harus bolak – balik ke Rumah Sakit untuk berobat jalan penyakit diabetes pada tubuhnya. 

Ia merasa sangat terbantu karena telah terdaftar sebagai peserta pada Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.sejak tahun 2014 sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri kelas 3.

“Sakit tidak ada yang tahu kapan datang, seperti saya yang tiba-tiba merasakan perut perih karena komplikasi dari diabetes, asam lambung dan hipertensi beberapa tahun belakangan ini. Beruntung, saya dan keluarga siap sedia Jaminan Kesehatan sebagai pegangan sejak tahun 2014 lalu,” ungkap Nurhasanah saat ditemui di RSUD Adjidarmo Kab. Lebak (24/05).

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Nurhasanah menceritakan pelayanan yang selama ini ia rasakan saat menggunakan KIS sangatlah memuaskan, baik pelayanan di klinik maupun di rumah sakit.

Loading...

“Rutin sejak tahun 2019 saya keluar masuk rumah sakit, mulai berobat jalan hingga rawat inap. Alhamdulillah pelayanan yang diberikan bagus dan ramah tidak dibeda-bedakan yang BPJS atau non-BPJS. Saya pribadi sangat puas apalagi saat mau bayar semua dijamin oleh JKN-KIS,” terang Nurhasanah. 

Menurut Nurhasanah dirinya tidak sanggup bila harus membayar sendiri biaya pelayanan rawat jalan yang masih rutin dilakukannya, apalagi sang suami telah terlebih dahulu meninggalkan Nurhasanah menghadap Illahi.

“Kalau BPJS ini tidak ada? Ya saya tidak sanggup bayar berobat semua ini, Suami yang biasa kerja sudah ndak ada, memang dasarnya enggak punya buat bayar kalau umum,” tambahnya.

Pada akhir wawancara Nurhasanah berharap kedepannya program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan terus maju dan eksis dalam memberikan Jaminan Kesehatan hingga pelosok negeri. Baginya JKN-KIS solusi pasti Jaminan Kesehatan saat ini.

Sampai dengan 30 April 2021, jumlah kepesertaan JKN-KIS telah mencapai 223.953.243 dan untuk mempermudah layanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah melakukan kerjasama terhadap 26.810 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. (Ka/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here