Soal Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji 2021, Menag Sebut Itu Keputusan yang Pahit

Centralnews – Jakarta, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama membatalkan keberangkatan Jemaah haji 2021. Hal tersebut tertuang dalam Kepmenag Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Pemberangkatan Ibadah Haji 1442 H/2021 M.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan pers di gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Menurutnya, keputusan yang diambil pemerintah tidaklah mudah.



“Kami pemerintah melalui Kemenag menerbitkan Kepmenag Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Pemberangkatan Ibadah Haji 1442 H/2021 M,” ujarnya dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (3/6/2021).

“Kami menyadari atas keputusan ini pasti ini dirasakan sebagai sebuah keputusan yang pahit, sebagaimana tadi bapak-bapak yang ada di depan ini menyampaikan, pemerintah melalui Kemenag juga menyampaikan simpati yang setinggi-tingginya kepada calon jemaah haji Indonesia,” katanya.

“Tapi kami yakini inilah keputusan yang terbaik karena sudah melalui kajian yang sangat mendalam dan mudah-mudahan ini betul-betul membawa hikmah terutama dan manfaat untuk seluruh bangsa Indonesia,” lanjut Yaqut.

Meski demikian, ia berharap keputusan itu membawa keberkahan bagi bangsa Indonesia dan terutama calon jemaah haji.

“Jika yang terjadi sebaliknya ada kekeliruannya, saya atas nama pemerintah sebagai menteri agama hanya bisa berserah diri kepada Allah SWT,” kata Yaqut. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here