Tangani Lonjakan Kasus Covid-19, Jokowi Utamakan Isu Kesehatan

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Dalam menangani lonjakan kasus Covid-19 saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutamakan isu kesehatan. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat menanggapi pertanyaan apakah pemerintah lebih mengutamakan ekonomi atau kesehatan sebagai tindakan darurat penanganan kenaikan kasus Covid-19.

“Bapak Presiden mengutamakan isu kesehatannya harus selesai. Karena tidak mungkin ekonomi bisa balik kalau isu kesehatan tidak selesai. Saya rasa arahan beliau soal itu telah jelas,” ujar Budi dalam keterangan pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, dikutip dari Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Lebih lanjut, Budi menuturkan, Presiden sejak awal mengatakan bahwa persoalan ekonomi tidak mungkin akan bisa selesai kalau kesehatan tidak selesai.

“Karena memang isu utamanya adalah isu kesehatan,” ucap Budi Gunadi Sadikin.

Presiden Jokowi dikatakan budi sebelumnya, untuk menekan lonjakan kasus Covid-19, Jokowi menginstruksikan penguatan implementasi PPKM mikro dan percepatan vaksinasi Covid-19. Budi kemudian menjelaskan tentang penguatan PPKM mikro.

Pergerakan masyarakat, tambah Budi, akan dibatasi hingga 75 persen hingga 100 persen. Hal tersebut akan tergantung kepada kondisi daerah dan jenis kegiatan masyarakatnya Selain itu, Budi mengungkapkan bahwa Presiden juga menekankan instruksi kedua yakni mempercepat vaksinasi.

Loading...

Masih mengutip dari Kompas.com, target vaksinasi sebanyak 700.000 suntikan sehari telah tercapai dengan berhasil dicapainya 716.000 penyuntukan dalam sehari pada pekan lalu.

 “Kita yakin bahwa angka 1 juta vaksiansi per hari bisa tercapai di awal bulan depan sesuai dengan arahan presiden,” tuturnya. (Yandhi/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here