Senang Berbelanja Baju? Cuci Dulu Sebelum Memakai

Foto: net, Ilustrasi gambar

Centralnews – Jakarta, Berbelanja pakaian merupakan kegemaran setiap orang. Hal ini lantaran beberapa orang menjadikan membeli baju baru sebagai hiburan yang menimbulkan kepuasan diri dan bahagia.

Namun, terkadang kita mungkin lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, atau bahkan menjadi kebiasaan bagi sebagian orang untuk langsung memakainya.

Namun, mengapa harus mencuci baju baru sebelum dipakai?

Dengan mencuci dulu pakaian baru terlebih dahulu sebelum mengenakannya, Anda bisa mendapatkan tiga keuntungan. Tentu saja yang utama, adalah mendapatkan berbagai manfaat dari segi kesehatan

Tiga manfaat mencuci baju baru

Berikut adalah tiga manfaat mencuci pakaian baru, seperti dilansir dari laman The Spruce:

1. Menghilangkan zat pewarna

Pakaian baru belum tersentuh sabun deterjen sama sekali. Karenanya, pakaian baru rawan mengandung zat pewarna yang bisa menempel pada kulit dan menimbulkan iritasi. 

Zat pewarna khusus tekstil ini ada yang luntur, dan ada yang kuat melekat tanpa luntur sedikit pun ketika direndam di dalam air.

Kebanyakan pakaian pabrikan terbuat dari kain serat sintetis seperti poliester dan akrilik, dan diwarna menggunakan zat kimia bernama azo aniline.

Zat pewarna ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa kulit yang sensitif. Reaksi alergi yang ditimbulkan sendiri bermacam-macam. Mulai kulit kering, timbul gatal, sensasi panas, hingga ruam-ruam kemerahan.

2. Menyingkirkan bakteri dan jamur

Pakaian baru melewati berbagai proses penyimpanan. Mulai dari pabrik, ke gudang, hingga ke etalase toko.

Di toko, pakaian juga dicoba oleh banyak calon pembeli. Dikenakan oleh berbagai macam jenis kulit, baik yang sehat maupun yang tengah bermasalah.

Dari semua proses ini, berbagai zat berbahaya bisa menempel dan bertahan lama di serat kain. Mulai dari bakteri, jamur, hingga serangga yang bisa menimbulkan gatal dan ruam.

Ketika Anda memutuskan untuk langsung mengenakan pakaian baru tanpa mencucinya terlebih dahulu, Anda membuka kesempatan pada jamur dan bakteri untuk berpindah dari serat kain ke permukaan kulit Anda.
Jadi mencuci baju baru sangatlah penting. Untuk menyingkirkan jamur, bakteri dan serangga kecil, yang bisa membahayakan kesehatan kulit Anda.

3. Menghilangkan berbagai bahan kimia

Di pabrik, berbagai jenis pakaian baru diberi campuran berbagai bahan kimia, salah satunya adalah urea formaldehid, yang digunakan untuk mempertahankan warna dan tekstur.

Di kulit yang tak sensitif, bahan kimia ini tak akan menimbulkan reaksi apapun. Namun di kulit sensitif, berbagai bahan kimia ini bisa menimbulkan gatal dan ruam terutama di area ketiak, leher, pinggang dan punggung.

Formaldehid sendiri dilapiskan ke serat kain untuk melindungi kain selama perjalanan dari pabrik ke supplier hingga sampai ke tangan konsumen.

Dengan lapisan ini, pakaian akan jauh dari lembab meski dimasukkan ke dalam peti kemasan yang terkena berbagai macam jenis cuaca.

Zat kimia ini berbau khas dan menyengat. Sekali cuci saja tak akan bisa menghilangkan zat kimia ini secara sempurna. Ia baru akan hilang sempurna setelah beberapa kali pencucian.

Setelah diuraikan manfaatnya, jadi kamu mau langsung pakai atau dicuci dulu? Hehe. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here