7 Kandungan Vitamin C Pada Buah yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

Foto; net, Ilustrasi gambar.

Centralnews – Jakarta, Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk ketahanan daya tahan tubuh dimasa pandemic Covid-19,

Centralnews – Jakarta, Tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup. Selain dengan mengonsumsi suplemen, kamu bisa mendapatkan vitamin C secara alami dengan mengonsumsi buah-buahan.

Selain itu, vitamin C juga penting untuk sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi dan pembuluh darah kecil kamu. Vitamin C juga dibutuhkan daya tahan tubuh lantaran sebagai antioksidan kuat, serta memiliki efek positif pada kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

Berikut 7 Buah buahan yag memiliki kandungan Vitamin C

1. Jambu

Loading...

Jambu merupakan buah tropis berdaging merah muda yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Dalam satu jambu biji mengandung 126 mg vitamin C, atau 140% dari kebutuhan harian. Jambu biji juga sangat kaya akan antioksidan likopen

Sebuah studi yang dilakukan selama enam minggu dan melibatkan 45 orang muda sehat mengungkap manfaat jambu biji. Mereka makan 400 gram jambu biji kupas per hari, atau sekitar 7 buah dan hasilnya secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Kiwi

Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C, atau 79% dari kebutuhan harian. Menurut penelitian vitamin C yang kaya terkandung dalam kiwi dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

3. Lemon

Lemon mengandung 77 mg vitamin C per 100 gram. Dan satu buah lemon memenuhi 92% kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C dalam lemon memiliki manfaat antioksidan yang kuat. Lemon juga dapat menjaga buah dan sayuran yang sudah dipotong agar tidak berubah warna menjadi coklat.

4. Leci

Satu leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C, atau 7,5% dari kebutuhan harian. Dan saat makan satu cangkir leci bisa memenuhi 151% kebutuhan harian vitamin C. Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah kamu.

5. Pepaya

Mendapatkan vitamin c alami untuk daya tahan tubuh kamu bisa mengonsumsi pepaya. Satu cangkir (145 gram) pepaya menyediakan 87 mg vitamin C, atau 97% dari kebutuhan harian. Vitamin C pada pepaya membantu memori dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat di otak kamu.

6. Stroberi

Vitamin C untuk daya tahan tubuh bisa kamu peroleh dari buah berwarna merah ini. Stroberi mengandung 59 mg vitamin C per 100 gram. Satu cangkir stroberi mengandung 89 mg vitamin C. Buah bergizi ini dapat membantu kesehatan jantung dan otak kamu.

7. Jeruk

Jeruk mengandung 53 mg vitamin C per 100 gram. Satu jeruk ukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, mandarin dan limau, juga merupakan sumber vitamin C yang baik. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here