Ditengah PPKM, Samsat Balaraja Beri Inovasi & Pelayanan Terbaik Untuk Wajib Pajak

Centralnews.co.id



Centralnews – Tangerang, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Balaraja, terus melakukan inovasi dan memberikan pelayanan terbaiknya ditengah PPKM dan Pandemi Covid-19. Senin (2/8/2021).

Kepala Samsat Balaraja M.Ali Hanfiah SE, SH, M.Si mengatakan, Untuk Mempermudah wajib pajak dan kami memfasilitasi wajib pajak dengan cara menerjunkan 2 unit mobil samsat keliling (samling) yang kami siapkan di wilayah Talaga Bestari dan Citra Raya, agar wajib pajak tidak terlalu jauh untuk ke kantor samsat induk (samsat balaraja) dan tidak lama mengantri dengan adanya mobil samsat keliling ini.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami memberikan pelayanan terbaik dan memberikan kemudahan untuk wajib pajak ditengah pandemi covid-19 ini, dan kami pun baik dari samsat induk balaraja, gerai, serta samsat keliling (samling) menerapkan prtokol kesehatan yang sangat ketat kepada wajib pajak, menghimbau untuk mencuci tangan dengan sabun, mewajibkan wajib pajak menggunakan masker, serta menunggu dengan jarak yang sudah kami batasi, karena protokol kesehatan sangat kami utamakan ditengah pandemi covid-19 saat ini,” ujar M.Ali Hanfiah yang juga Ketua KNPI Provinsi Banten ini.

Dirinya juga memberikan informasi bahwa seluruh petugas Samsat Balaraja, Gerai Gembong, Gerai Kronjo, Gerai Pasar kemis, dan Mobil Samsat Keliling (Samling) seluruhnya sudah di vaksin Covid-19, demi keamanan dan kenyamanan para wajib pajak agar terhindar dari penyebaran virus covid-19.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh wajib pajak untuk taat pajak, karena wajib pajak sangat membantu pemerintah untuk memberikan pemasukan pajak untuk daerah Provinsi Banten.

“Kami mengingatkan kepada seluruh wajib pajak untuk tidak lupa taat membayar pajak, karena sudah menjadi kewajiban kami selalu menghimbau dan mengingatkan wajib pajak agar tidak lupa membayar pajak dan taat pajak,” ungkapnya.

M.Ali Hanafiah juga mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten tangerang agar melakukan vaksin covid-19 untuk membantu pemerintah menangani penyebaran virus covid-19 yang semakin meningkat, dan dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi hoax tentang berita covid-19.

“Semoga inovasi dan pelayanan kami ditengah pandemi saat ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat waji pajak yang taat pajak,” ucap Putra Daerah Kabupaten Tangerang yang tinggal di daerah Kecamatan Cisoka ini.

Perlu diketahui, Protokol kesehatan yang diterapkan di kantor Samsat Balaraja sangat ketat, para wajib pajak yang hendak membayar pajak sebelum masuk kantor pajak diberikan himbauan untuk mecuci tangan dengan sabun sebelum masuk kantor samsat balaraja, diukur suhu badan oleh petugas, dan disipakan tempat duduk dengan menjaga jarak aman, serta petugas menyiapkan handsanitizer dan masker bilamana wajib pajak tidak membawa masker, petugas samsat balaraja sudah menyiapkannya.

Terhadap wajib pajak. Samsat Balaraja juga menyediakan tempat khusus untuk tempat ibu hamil dan lanjut usia. Dimana untuk ibu hamil/menyusui dan lansia juga tidak perlu mengantarkan formulir dan persyaratan ke loket-loket yang disediakan, karena akan ada pegawai yang akan melakukan proses pembayaran pajak tersebut.

“Jadi untuk wajib pajak yang umum kita pisahkan tempatnya dengan ibu menyusui dan manula. Supaya mereka bisa nyaman,” jelasnya.

Bukan hanya itu saja, kali ini wajib pajak mesti mengambil nomor antrian untuk membayar pajaknya, seperti halnya yang dilakukan di bank. Hal ini dilakukan agar proses pembayaran pajak lebih beraturan.

” Jadi, wajib pajak yang datang nanti akan disambut dengan pegawai kita yang ada didepan pintu. Kemudian ke bagian informasi untuk mengecek persyaratan kelengkapan dan mengambil antrian,” tuturnya.

Menurutnya, untuk peroses pengesahan pajak satu tahun tidak sampai satu menit untuk pengurusannya. Setelah nomor antrian di dipanggil keloket barulah dilakukan skening, penetapan dan langsung pembayaran kekasir. Antara loket, penetapan, dan kasir itu bersebelahan. Jadi, tidak menunggu begitu lama langsung selesai.

Seperti diketahui Peningkatan pelayanan ini sudah menjadi komitmen Dinas Pendapatan Provinsi Banten untuk memberikan pelayanan yang prima kepada wajib pajak.

“Sesuai dengan arahan Kepala Bapenda, ini akan menjadi komitmen kita bersama dalam memberikan pelayanan. Jadi, kalau pelayanan baik mudah-mudahan masyarakat kita ini tidak malas bayar pajak, dan taat akan membayar pajak,” tegasnya.

Menurutnya, pelayanan ini akan terus dievaluasi agar tujuan yang diharapkan bisa terlaksana dengan baik.

“Saat ini kita melakukan perubahan dan ini masih tahap uji coba dan akan kita evaluasi terus hingga wajib pajak kita ini memang benar-benar merasakan kenyamanan saat membayarkan kewajibanya,” harapnya.

Saat sekarang ini bukan lagi zamannya sulit membayar pajak. Karena, pemerintah telah melakukan banyak inovasi dalam pembayaran pajak kendaraan yang lebih praktis, cepat dan mudah bagi wajib pajak. Seperti dengan pembayaran melalui Kantor Pos, ATM Bank mitra kerja sama hingga Indomaret dan Alfamart.

“Itu belum termasuk mobil dan motor Samling dan gerai-gerai yang ada di tempat-tempat keramaian, termasuk upaya-upaya yang melibatkan kepolisian itu rutin kita lakukan hampir setiap hari,” katanya. (Mad/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here