Pesawat Kepresidenan Dicat Merah Putih Jadi Perhatian

Instagram: adhimas_aviation

Centralnews – Jakarta, Terkait pergantian warna pesawat kepresidenan yang dicat menjadi merah putih dari sebelumnya putih biru, kini menjadi perbincangan hangat ditengah masyarakat.

Penampilan baru pesawat kepresidenan itu pertama kali dibagikan oleh akun Instagram @adhimas_aviation. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, juga telah membenarkan adanya pengecatan ulang pada pesawat kepresidenan.

Keterangan dalam foto tersebut juga menuliskan Indonesian Government A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2).


Hal tersebut menuai kritik dari beberapa pihak. Eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo melontarkan kritik terkait munculnya penampakan baru dari pesawat kepresidenan.

“Kalau memang apa yang ada di IG adhimas_aviation tentang New Livery for A-001 alias Cat Baru Pesawat Kepresidenan RI” ini benar, terus terang sangat disayangkan,” tulis Roy Suryo dalam akun Twitter @KRMTRoySuryo2

“Di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang tidak terkendali dan jutaan rakyat menderita, sempet-sempetnya nge-cat pesawat? Semoga hanya animasi,” katanya.

Tak hanya itu, Pengamat penerbangan Alvin Lie. Dia menuliskan bahwa biaya untuk mengecat ulang pesawat tidaklah murah.

“Hari gini masih saja foya-foya ubah warna pesawat kepresidenan,” kata Alvin, dalam cuitannya @alvinlie21.

Alvin memaparkan, biaya cat ulang pesawat setara B737-800 berkisar hingga US$ 100 ribu hingga US% 150 ribu alias setara Rp 1,4 miliar hingga Rp 2,1 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here