9 Musik K-pop Selipkan Bahasa Isyarat, Ada Permission to Dance – BTS

Foto: Instagram @soompi

Centralnews – Korea Selatan, Musik merupakan pesan kamunikasi yang dikemas dalam sebuah lirik pada sebuah lagu. Maka tak jarang seseorang merasa terbawa perasaan bahkan teringat suatu kenangan pada saat mendengarkan lagu.



Namun, bagaimana jika pesan pesan lagu disampaikan melalui bahasa isyarat oleh seorang penyanyi?

Pada genre musik K-pop ada beberapa grup band yang menyampaikan sebuah lagu melalui bahasa isyarat. Grup band apa sajakah itu?

Dikutip dari media Korea Selatan, Soompi.com, Senin (9/8/2021), Berikut adalah sembilan lagu K-pop yang menggabungkan bahasa isyarat ke dalam penampilan mereka.

1. Weki-weki – “Butterfly”
Dalam perayaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018, Weki Meki mengirimkan pesan dukungan dan semangat yang indah kepada para peserta melalui lagu kebangsaan yang memesona ini. Dan bagian terbaiknya? Koreografi mereka seluruhnya dibuat dari lirik mereka dalam bahasa isyarat. Bicara tentang mengirim pesan universal!



2. LABOUM – “Heal Song”
Jika Anda mencari lagu yang menenangkan, LABOUM telah membantu Anda. Liriknya memberi kekuatan pada pendengar untuk melanjutkan dan meyakinkan mereka tentang melakukan pekerjaan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari mereka. Di akhir pertunjukan, para anggota menandatangani chorus terakhir karena mereka ingin lagu penyembuhan mereka menjangkau khalayak yang lebih luas.



3. BTOB – “Missing You”
Memasukkan bahasa isyarat ke dalam koreografi untuk “Missing You” adalah ide BTOB, dan koreografer mereka berkewajiban. Tanda-tanda lirik, “Setahun berlalu karena aku merindukanmu,” digunakan dalam rutinitas tarian, dengan penyesuaian yang dibuat pada judul lagu agar lebih terlihat seperti gerakan tarian. Grup ini bahkan berkolaborasi dengan salah satu penggemar mereka dalam membawakan lagu.



4. BOL4 – “First Love”
Lagu lain yang sepenuhnya dalam bahasa isyarat adalah “First Love” oleh BOL4. Balada yang manis dan polos ini membawa penontonnya kembali ke masa lalu untuk mengenang cinta pertama mereka dan semua detail kecil yang merupakan bagian dari kenangan masa lalu yang melonjak. Menambahkan bahasa isyarat selama pertunjukan langsung ini adalah sentuhan yang bagus untuk membawa penggemar lebih dekat ke musik.

Loading...




5. RED Velvet – “Red Flavor”
Kemacetan musim panas ini tidak perlu diperkenalkan, tetapi ini adalah rekap ramah untuk berjaga-jaga jika Anda melewatkan detail apa pun. Dalam MV tersebut, grup tersebut tampak cukup disibukkan dengan mewawancarai buah hatinya masing-masing. Di sudut kiri bawah layar, Anda dapat melihat setiap anggota menandatangani bagian wawancara, mirip dengan apa yang terlihat selama berita. Penambahan ini dimasukkan sebagai anggukan untuk penggemar Red Velvet’s Deaf.





6. BTS – “Permission To Dance”

Comeback BTS baru-baru ini telah menarik banyak perhatian berkat penyertaan singkat bahasa isyarat ke dalam koreografi single terbaru mereka “Permission To Dance.” Karena lagu tersebut mengundang seluruh dunia untuk menari dan meninggalkan semua kekhawatiran, mewakili gerakan tarian utama dengan bahasa isyarat internasional adalah tambahan yang sempurna untuk membuat lagu tersebut sehat.




7. CL – “I Quit”

Dalam salah satu lagunya yang dirilis pada tahun 2019, CL mengekspresikan dirinya dengan lantang dan jelas. Rapper meminjamkan suaranya ke MV saat dia bernyanyi tentang belajar kapan harus membatalkan sesuatu dan pergi demi kesejahteraannya. Sepanjang MV, para penarinya dengan indah menandatangani seluruh lagu, selanjutnya menyampaikan pesannya kepada penontonnya.



8. MAMAMOO – “Starry Night”
Klip mempesona ini membawa kita ke suatu tempat, dan vokal MAMAMOO membawa kita lebih jauh lagi. Dalam narasi melankolis tentang perpisahan yang menyakitkan dan kesulitan untuk move on, para wanita juga memasukkan tarian kunci penandatanganan saat mereka menandatangani “Bintang-bintang bersinar” sementara mereka berulang kali menyanyikan “Malam berbintang” di bagian paduan suara.


9. Seventeen “Thanks”

Apa cara yang lebih baik untuk mengucapkan terima kasih sebagai seorang seniman selain menyampaikan rasa terima kasih Anda kepada seluruh fandom dalam setiap bahasa? Menandatangani itu pasti berhasil! Munculnya tanda “terima kasih” tidak kentara dalam koreografi SEVENTEEN, tetapi Anda pasti dapat melihatnya jika Anda cukup fokus pada bagian di mana para anggota dengan sungguh-sungguh menyanyikan judul lagu tersebut berulang-ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here