Mengenal Perpustakaan Pekijing dan Website Tingkat Kelurahan

Centralnews.co.id

Centralnews – Serang, Meski berstatus perpusatakaan desa, Perpustakaan Pekijing di Kelurahan Kalang Anyar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, memiliki website yang bisa di akses secara online.

Bersama pegiat literasi di Ibu Kota Banten, Perpustakaan Pekijing juga memiliki program Kotak Buku. Dimana, setiap kepala keluarga diberi rak buku sesuai permintaan anggota keluarga dan setiap minggu ditukar secara rutin.

“Juga menghadirkan layanan digital melalui website, segala informasi tentang kegiatan atau acara tersaji untuk masyarakat. Yang unik adalah adanya program perpustakaan keluarga, setelah mendaftar lalu diberikan kotak buku untuk ditempatkan di halaman rumah, selanjutnya buku diantar langsung ke rumah dengan subjek judul mengikuti profil keluarga seminggu sekali,” kata pembina Perpustakaan Pekijing, Aip Rohadi, Senin (09/08/2021).


Perpustakaan tingkat kelurahan yang dibuat secara mandiri oleh masyarakat dan pegiat literasi ini juga memiliki taman dan mengajak warga untuk membudidaya ikan lele, menanam tanaman obat, hingga membuat kerajinan tangan lainnya sebagai salah satu sumber makanan dan ekonomi penduduk setempat.


Harapannya, minat baca di Ibu Kota Banten bisa terus meningkat dari waktu ke waktu dengan cara mendekatkan perpustakaan ke masyarakat.


“Ditambah pula hadirnya bank sampah digital yang membuat lingkungan menjadi bersih dan asri, masyarakat juga mendapatkan banyak manfaat dan memiliki tabungan dari sampah,” terangnya.


Kepala perpustakaan Kota Serang, Wahyu Nurjamil, mengaku siap mendukung pegiat literasi untuk terus meningkatkan minat baca di Ibu Kota Banten. Lantaran, untuk menaikkan daya baca, pemerintah tidak bisa sendirian, tapi harus bekerjasama dengan semua elemen.


“Yang terpenting adalah teruslah melakukan kolaborasi, tak ada alasan kami tidak mendukung gerakan literasi yang masyarakat lakukan,” ujar Watu Nurjamil, Kepala Dinas Perpusatakaan dan Arsip Kota Serang, Senin (09/08/2021).


Walikota Serang, Syafrudin optimis Perpustakaan Pekijing bakal menjadi juara pada lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat Provinsi Banten 2021. Menurutnya, Perpustakaan Pekijing memiliki banyak keunggulan.


Selain memiliki koleksi tercetak dan sarana layanan anak, kata Syafrudin, perpustakaan Pekijing juga menghadirkan layanan digital melalui website. Dimana, segala informasi tentang kegiatan perpustakaan semuanya tersaji dalam website tersebut dan dapat diakses oleh masyarakat luas.


“Program-program untuk mendorong Kota Serang manjadi kota literasi akan terus dilakukan dan ditingkatkan, karena dari membaca masyarakat akan mampu mewujudkan mimpi menjadi kenyataan,” kata Walikota Serang, Syafrudin, Senin (09/08/2021). (Yandhi/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here