Ma’ruf Amin Harap Komitmen Semua Pihak untuk UMKM: Sehingga Tingkatkan Kapasitas Produksi

Centralnews – Jakarta, Dalam acara peringatan puncak Hari UMKM Nasional dan peresmian logo baru Kementerian Koperasi dan UKM secara virtual, Kamis (12/8/2021), Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap komitmen bersama seluruh pihak terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat ditingkatkan. Peningkatan komitmen itu antara lain dengan pembinaan dan pendampingan untuk mendorong produktivitas UMKM.

“Sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas produknya,” kata Ma’ruf dikutip dari Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

Lebih lanjut, Ia menuturkan, pengembangan UMKM yang berpotensial untuk ekspor. Termasuk juga peningkatan fasilitas kemudahan pembiayaan serta kolaborasi dengan para pengusaha besar. Ma’ruf meyakini peran UMKM sangat berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi Indonesia.

“Saya optimistis dengan peran UMKM dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” kata Ma’ruf.

Tahun lalu, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau lebih dari Rp 8.500 triliun. Selain itu, UMKM juga dinilai mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. “Bahkan UMKM mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total nilai investasi,” kata dia.

Meski pandemi telah menghantam sebagian besar bisnis UMKM, namun pandemi juga telah membawa dampak positif terhadap industri itu

Loading...

“Salah satunya mempercepat digitalisasi UMKM. Di era disrupsi ini, digitalisasi semakin relevan dan strategis bagi UMKM untuk tetap bertahan dan berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi,” kata Ma’ruf.

Kendati demikian, digitalisasi UMKM tersebut juga harus diimbangi peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha UMKM dan dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here