KKM 39 Unsera Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sampah

Centralnews – Serang, Kelompok Kerja Mahasiswa (KKM) 39 Universitas Serang Raya (Unsera) menggelar sosialisasi masyarakat terkat pemanfaatan sampah. Acara yang megusung tema “Pemanfaatan Sampah menjadi Rupiah” berlokasi di Kampung Gulacir, Desa Sukabares, Kecamatan Waringin Kurung, Kota Serang, pada pukul 13.00 WIB.

Kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat ibu-ibu PKK dan pengarahan sosialisasi disampaikan oleh Iyadulloh pemilik Bank Sampah Digital.

Ketua KKM 39 Unsera, Alifa Huderi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah dengan pengolahan atau pemilihan jenis sampah yang dapat menghasilkan uang. Hal lainnya tentu untuk mengurangi limbah masyarakat berceceran.

Dokumentasi Foto bersama

“Supaya masyarakat dapat melihat dan lebih memahami bagaimana mengolah sampah menjadi uang maka kami hadirkan tokoh yang berperan dibidangnya,” kata Ketua KKM 39 Unsera, Alifa Huderi, melalui Whats App seluler, Senin (30/8/2021).

Sementara itu, pemateri dalam kegiatan tersebut Iyadulloh menjelaskan, pemilahan sampah yang dimulai dari rumah seperti sampah yang organik dan anorganik. Tak hanya itu, ia juga menyarankan agar dibentuk koordinator pengumpulan sampah masyarakat yang kemudian di tukar rupiah ke bank sampah digital miliknya.

Loading...

“Sekaligus pembentukan pengurus untuk mengkordinir sampah dari masyarakat. Serta menyampaikan harga – harga sampah yang dapat di tukar rupiah ke bank sampah digital,” terangnya.

Salah satu peserta sosialisasi, Ibu Arifa berharap, adanya pengambilan sampah secara rutin dikampungnya.

“Misal 1minggu dua kali, supaya tidak ada kerumunan sampah dan banyak lalat di kampung ini.” Tutupnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here