Presiden Turki Lakukan Pembicaraan dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Bahas Apa?

Foto: net, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Centralnews – Istanbul, Presiden Turki Tayyip Erdogan melakukan pembicaraan melalui telepon dengan penguasa de facto UEA, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Hal tersebut dikatakan kantor Erdogan pada Selasa, sebagai tanda baru peningkatan hubungan antara rival regional tersebut. .

“Hubungan antara negara-negara dan isu-isu regional dibahas dalam pembicaraan itu,” kata pernyataan itu dikutip dari Reuters, Selasa (31/8/2021).

Namun, tidak disebutkan kapan pembicaraan itu berlangsung. Dilaporkan media Reuters, Selasa (31/8/2021), Erdogan mengatakan dua minggu lalu setelah pertemuan langka dengan seorang pejabat senior UEA bahwa kedua negara telah membuat kemajuan dalam meningkatkan hubungan, yang dapat mengarah pada investasi UEA yang signifikan di Turki.

Ankara telah bergerak untuk meredakan ketegangan dengan beberapa kekuatan Arab atas konflik di Libya, perselisihan internal Teluk dan klaim saingan atas perairan Mediterania Timur.

Ankara dan Abu Dhabi telah mendukung kelompok ideologis saingan selama bertahun-tahun, dengan Turki mendukung gerakan Islam, terutama Ikhwanul Muslimin yang mengambil bagian dalam pemberontakan “musim semi Arab” dalam upaya untuk menggulingkan otokrat di wilayah tersebut. Para pemimpin Teluk yang kaya khawatir kerusuhan semacam itu akan sampai ke rumah.

Loading...

Kantor berita negara UEA WAM mengatakan kedua pemimpin membahas “prospek untuk memperkuat hubungan antara kedua negara dengan cara yang melayani kepentingan bersama mereka dan kedua rakyat mereka.”

Pembicaraan Erdogan dua minggu lalu adalah dengan Penasihat Keamanan Nasional UEA Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan dan fokus pada kerja sama ekonomi.

Turki tahun lalu menuduh UEA membawa kekacauan ke Timur Tengah melalui intervensi di Libya dan Yaman, sementara UEA dan beberapa negara lain mengkritik tindakan militer Turki. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here