UEA Umumkan Rencana Tingkatkan Ekonomi, Targetkan Investasi Asing $150

Foto: net.

Centralnews – Dubai, Uni Emirat Arab berencana untuk meluncurkan 50 inisiatif ekonomi baru untuk meningkatkan daya saing negara itu. Dalam rencana itu UEA juga akan menarik 550 miliar dirham ($150 miliar) dalam investasi asing langsung dalam sembilan tahun ke depan.

Dilaporkan Reuter, Proyek-proyek tersebut, beberapa di antaranya diresmikan pada hari Minggu, termasuk investasi dalam teknologi dan pembuatan visa baru untuk menarik penduduk dan pekerja terampil.

Negara Teluk telah meluncurkan beberapa langkah selama setahun terakhir untuk menarik investasi dan orang asing untuk membantu ekonomi pulih dari dampak pandemi COVID-19. Perubahan juga terjadi di tengah persaingan ekonomi yang berkembang dengan tetangga Teluk Arab Saudi untuk menjadi pusat perdagangan dan bisnis di kawasan itu

Di antara proyek-proyek tersebut, UEA dan Bank Pembangunan Emirates akan menginvestasikan 5 miliar dirham di sektor teknologi industri dan teknologi, Menteri Perindustrian dan Teknologi Canggih Sultan al Jaber mengatakan dalam konferensi pers.

“Dorongan UEA selama 50 tahun ke depan adalah menjadi pemain global di berbagai industri yang berbeda,” kata Menteri Negara untuk Teknologi Lanjutan Sarah al-Amiri kepada Reuters dilansir Centralnews.co.id Senin (6/9/2021).

Loading...

“Wilayah ini adalah apa yang telah kami targetkan selama lima dekade terakhir. Sekarang kami bergerak untuk memastikan bahwa banyak sektor kami yang kompetitif di tingkat global.” Tuturnya.

Dua kategori visa baru – satu untuk pekerja lepas dan satu untuk pengusaha dan pekerja terampil – akan dibuat untuk menarik dan mempertahankan orang asing dengan keterampilan yang diinginkan, kata para pejabat, Minggu.

Orang asing di UEA biasanya memiliki visa terbarukan yang berlaku hanya beberapa tahun terkait dengan pekerjaan. “Visa hijau” baru untuk pekerja terampil akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mensponsori anggota keluarga dan akan memberikan lebih banyak waktu untuk mencari pekerjaan baru setelah satu pekerjaan berakhir, kata para pejabat.

Tahun lalu UEA memperluas ke lebih banyak kategori sistem visa “emas” yang memberikan izin tinggal 10 tahun, sebuah langkah yang menurut Dubai dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di emirat hingga 1%. ($ 1 = 3,6728 Dirham UEA). (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here