China Klaim Tak Akan Bangun Pembangkit Listrik Bertenaga Batu Bara di Luar Negeri

Foto: net, Presiden China, Xi Jinping

Centralnews – Presiden China Xi Jinping megatakan bahwa China tidak akan membangun proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri. Hal tersebut dikatakan dalam pidatonya di Majelis Umum PBB untuk menambah janji untuk menangani perubahan iklim.

Namun, Xi tidak memberikan penjelasan secara rinci akan tetapi menurutnya tergantung pada bagaimana kebijakan tersebut diterapkan.  Langkah tersebut dinilai dapat secara signifikan membatasi pembiayaan pembangkit listrik tenaga batu bara di negara berkembang.

China telah berada di bawah tekanan diplomatik yang berat untuk mengakhiri pembiayaan batu baranya di luar negeri karena hal itu dapat mempermudah dunia untuk tetap berada di jalur untuk memenuhi tujuan perjanjian iklim Paris untuk mengurangi emisi karbon.

Pengumuman Xi mengikuti langkah serupa oleh Korea Selatan dan Jepang awal tahun ini, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan utusan iklim AS John Kerry telah mendesak China untuk mengikuti jejak rekan-rekannya di Asia.

“China akan meningkatkan dukungan untuk negara-negara berkembang lainnya dalam mengembangkan energi hijau dan rendah karbon, dan tidak akan membangun proyek pembangkit listrik tenaga batu bara baru di luar negeri,” kata Xi dalam pidato video yang direkam sebelumnya pada pertemuan tahunan PBB, di mana dia menekankan niat damai China dalam hubungan internasional dilansir dari Reuters, Rabu (22/9/2021).

Loading...

Kerry dengan cepat menyambut pengumuman Xi, menyebutnya sebagai “kontribusi besar” dan awal yang baik untuk upaya yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan pada 31 Oktober-Nov. 12 COP26 Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa di Glasgow, Skotlandia.

“Kami telah berbicara dengan China selama beberapa waktu tentang hal ini. Dan saya benar-benar senang mendengar bahwa Presiden Xi telah membuat keputusan penting ini,” kata Kerry dalam sebuah pernyataan. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here