Australia Klaim Akan Bersabar Bangun Kembali Hubungan dengan Prancis

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyesuaikan topengnya saat konferensi pers dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di depan Istana Elysee di Paris, Prancis, 15 Juni 2021. REUTERS/Pascal Rossignol 

Centralnews – Sydney, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pihaknya telah mencoba untuk mengatur percakapan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron tetapi sejauh ini tidak berhasil. Hal ini lantaran seminggu setelah pembatalan kesepakatan kapal selam besar memicu pertikaian diplomatik dengan Paris.

Dialporkan media Reuters, Rabu (23/9/2021) Morrison, berbicara di Washington mengatakan dia akan bersabar dalam membangun kembali hubungan dengan Prancis.

Diketahui, Paris telah menarik duta besarnya dari Canberra dan Washington, dengan mengatakan pihaknya dibutakan oleh keputusan Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir dengan Amerika Serikat dan Inggris daripada tetap dengan kontraknya untuk kapal selam diesel Prancis.

Loading...

Macron dan Presiden AS Joe Biden berbicara melalui telepon pada hari Rabu untuk memuluskan hubungan, dan Prancis mengatakan duta besarnya akan kembali ke Washington minggu depan.

Namun Morrison, yang berada di Amerika Serikat untuk serangkaian pertemuan minggu ini, mengatakan dia telah mencoba untuk mengatur teleponnya sendiri dengan Presiden Prancis tetapi belum berhasil.

“Ya, kami punya. Dan kesempatan untuk panggilan itu belum. Tapi kami akan bersabar,” kata Morrison setelah bertemu dengan anggota parlemen AS untuk membahas kesepakatan kapal selam dan aliansi keamanan baru dengan Amerika Serikat dan Inggris yang dijuluki AUKUS dilansir dari Reuters, Rabu (23/9/2021).

Morrison mengatakan dia memahami kekecewaan Prancis dan mencatat pembatalan kontrak kapal selam, yang awalnya bernilai $40 miliar dan baru-baru ini senilai $60 miliar, berarti masalahnya berbeda dengan antara Washington dan Paris, dan mereka akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk diselesaikan.

“Saya menantikan dan ketika waktunya tepat dan ketika ada kesempatan, kita akan melakukan diskusi serupa,” katanya.

Morrison mengatakan baik kesepakatan bagi Australia untuk membangun armada kapal selam bertenaga nuklir dan aliansi keamanan tripartit Australia, Inggris, AS (AUKUS) yang baru telah menerima dukungan bipartisan selama pertemuannya dengan anggota parlemen dan pejabat AS. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here