Jokowi Harap Santri dapat Berwirausaha dan Ciptakan Lapangan Kerja

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Centralnews – Jakarta, Dalam rangaka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai santri harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Menurutnya, orientasi kalangan santri bukan lagi mencari pekerjaa.


Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah, Jumat (22/10/2021).

Jokowi juga menjelaskan, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai organisasi keumatan diharapkan dapat menjadi lokomotif pengembangan ekonomi syariah yang membumi, menyentuh ekonomi umat secara langsung dan melahirkan lebih banyak wirausaha-wirausaha dari kalangan santri.

“Karena itu kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren. Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang. Menerbar manfaat seluas-luasnya bagi umat,” papar Jokowi dilansir detikcom, dari Jumat (22/10/2021).

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, untuk mencetak lulusan yang lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan  serta mampu bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan yang sukses, peran pendidikan pesantren hingga pendidikan tinggi agama Islam memiliki peran strategis mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan. Serta, mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan yang sukses.
 

Loading...

“Semangat entrepreneurship yang mulai tumbuh harus diikuti percepatan inklusif keuangan. Dukungan akses pembiayaan ini sangat penting bagi tumbuhnya entrepreneur-entrepreneur baru. Karena itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema, baik berupa program Mekaar, program KUR, kemudian bank wakaf mikro,” katanya.

“Dan saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik. Sehingga pesantren dan para santri dapat semakin berperan dalam memperkuat ekonomi umat,” sambungnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here