Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Serang-Rangkasbitung

Centralnews – Jakarta, Hari ini, Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Tol Serang-Rangkasbitung yang membentang sepanjang 26,5 kilometer. Jokowi menuturkan, jalan tol ini kini sudah siap dioperasikan.

Diketahui, Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan Tol Serang-Panimbang yang memiliki panjang hingga 83,67 kilometer, melintasi wilayah Kota & Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang.


“Alhamdulillah pada pagi ini jalan Tol Serang Panimbang seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sudah selesai dibangun dan siap dioperasikan. Kemudian akan dilanjutkan nanti dengan sesi dua, yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 km yang Insyaallah akan dituntaskan di akhir 2023,” kata Jokowi di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, dilansir dari detikFinance, Selasa (16/11/2021).

“Kemudahan konektivitas ini merupakan faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Saya yakin ini akan menjadi pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi Banten khususnya, terutama di sekitar jalan ini ya Kabupaten Lebak dan Pandeglang,” sambungnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, untuk dapat bersaing dengan negara lain, infrastruktur dapat menjadi pondasi. Menurutnya, tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain tanpa melampaui indeks kompetitif salah satunya melalui infrastruktur yang mumpuni.

“Berkali-kali saya sampaikan infrastruktur adalah pondasi bagi negara kita ini untuk bersaing dengan negara-negara lain. Artinya yang kita kejar adalah daya saing kita. Tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain kalau indeks kompetitifnya lebih rendah karena apapun tanpa infrastruktur barang-barang yang ada ini harga bisa lebih tinggi. Itulah yg kita kejar,” kata dia.

Infrastruktur juga, kata Jokowi, dapat memperbaiki jaringan logistik. Yang tadinya jarak tempuh lebih lama kemudian dapat dipangkas, begitupun dengan biaya logistik.

“Kalo infrastruktur kita siap artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah. Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik. Infrastruktur juga akan menciptakan ritel-ritel pertumbuhan ekonomi baru,” jelasnya.

“Komoditas yang ada di Banten akan lebih mudah terdisitribusi dan juga memberikan fasilitas kepada produksi. Orang berproduksi, pertanian berproduksi, itu ada jalan menuju konsumennya,” lanjut Jokowi. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here