Kasus Pelecehan di Kampus? Segera Adukan Kesini

Centralnews – Jakarta, Melalui Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuat aturan khusus sebagai tindak lanjut laporan adanya kekerasan seksual di kampus, 

Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan dapat membuat menghentikan kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus yang berulang kali terjadi. Lantas, bagaimana cara melaporkan tindak kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kampus?

Menurut, Ristek Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemedikbud Ristek Nizam, untuk melakukan pelaporan dapat disampaikan pada satgas khusus yang dibentuk di tiap kampus.  

“Kampus membangun satgas untuk melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi. Nantinya Satgas inilah yang menjadi tempat melapor kalau ada kejadian,” jelas Nizam, saat dihubungi Kompas.com dilansir Centralnews.co.id, Rabu (16/11/2021).

Lebih lanjut, ia menuturkan, satgas tersebut memiliki sejumlah fungsi dan tugas. Mulai dari memastikan perlindungan dan pendampingan bagi korban, menindaklanjuti laporan, merekomendasikan sanksi, hingga memfasilitasi pemulihan korban. Terkait keamanan pelapor baik dalam posisi saksi maupun korban, Nizam mengatakan identitas mereka terjamin, sehingga tidak ada akibat buruk yang akan diterima di kemudian hari.

Loading...

 “Melalui permen ini anonimitas pelapor dan korban dilindungi,” tegas Nizam.

Adapun untuk anggotanya yaitu berasal dari internal kampus. Dalam hal ini Nizam memastikan tak ada bias dalam penanganan aduan atau perkara kekerasan seksual yang dilaporkan. Hal ini mengingat sebagian pelaku tindak kekeran seksual merupakan pihak-pihak yang memiliki posisi di dalam internal kampus, misalnya dosen atau staf.

“Tim satgas sifatnya independen, terdiri dari dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik/pakar. Kalau putusannya dirasa tidak adil bisa mengadu ke kementerian,” pungkas dia.

Cara melapor ke Kemendikbud Ristek Dikutip dari Kompas.com, masyarakat dapat menghubungi Kemendikbud Ristek melalui beberapa kanal Unit Layanan Terpadu (ULT) seperti: Mengunjungi Portal Lapor di http://kemdikbud.lapor.go.id Mengirim surel ke [email protected] Mengontak Pusat Panggilan di nomor 177 Datang langsung ke kantor Kemendikbud Ristek di Gedung C, Lantai Dasar, Jenderal Sudirman, Senayan – Jakarta. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here