Wakil Ketua KPK Sebut Selalu Ada Peluang Bisnis Dibalik Urusan PCR

Foto: net, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Centralnews – Jakarta, Tes PCR dinilai terindikasi adanya peluang bisnis yang dimanfaatkan oleh segilintir pihak yang ingin mendapat keuntungan. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Namun, Alexander mengaku belum tahu persis sejauh mana pelaporan tentang bisnis PCR di KPK.

“Laporannya seperti apa tentu nanti laporan tersebut ditelaah terhadap para pihak yang melaporkan yang akan kita klarifikasi apakah ada bukti-bukti awal yang untuk ditindaklanjuti ke tingkat penyidikan misalnya tetapi prinsipnya seperti itu kami melakukan tindak lanjut atas laporan masyarakat tersebut,” kata kata Alex kepada wartawan, dilansir dari detikcom, Rabu (17/11/2021).

Lebih lanjut, Alex menuturkan urusan PCR ini memang bisa saja menguntungkan pihak-pihak tertentu. Maka dari itu, bila nanti ditemukan adanya dugaan tindak pidana maka pelaporan itu akan diselidiki serta dibantu proses audit.


“Nanti di tingkat penyelidikan adalah audit investigasi misalnya, atau berkoordinasi dengan BPK dan BPKP untuk mendalami lebih lanjut,” ucapnya.

Loading...

“Ini kan (PCR) selalu ada peluang bisnis di dalam kondisi-kondisi seperti itu ya, yang pinter memanfaatkan situasi itu lah yang mendapatkan keuntungan,” imbuhnya.

Menurutnya, pihaknya juga melihat harga standar PCR di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pasalnya dia mengatakan harga jual PCR akhir-akhir ini kian menurun.

“Karena yang mengadakan antigen, PCR itu kan ada di Kemenkes juga kita lihat harganya di sana kita lihat, kita cek. Mekanismenya jauhnya, kita lihat harga pcr dari Rp 1,5 (juta), ke Rp 500 (ribu) ke Rp 300 (ribu) juga,” kata Alex. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here