Melongok Perayaan Imlek Di Vihara Dekat Kesultanan Banten 

Centralnews – Serang, Perayaan Imlek 2573 di Vihara Avalokitesvara di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, terpantau sepi. Tak ada kemeriahan perayaan Imlek hang berlangsung ditengah pandemi covid-18.

Barongsai maupun liong tak turut serta tampil, guna memeriahkannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Masyarakat yang beribadah pun dibatasi, hanya 50 persen dari kapasitas maksimum 500 jemaah.

“Pengunjung berkurang, malam puncaknya, tidak ada atraksi barongsai, syaratnya pakai masker,” kata Ko Halim Husein, pengurus Vihara Avalokitesvara, ditemui di lokasi, Senin (31/01/2022).

Gerbang utama ditutup, jemaah maupun pengunjung harus melewati pintu samping. Meski begitu, personil kepolisian nampak berjaga disekitar Vihara Avalokitesvara.

Total, ada tiga vihara di Kota Serang yang akan menggelar ibadah Imlek 2573. Di tahun sio Macan Air, kepolisian berharap masyarakat yang datang ke vihara untuk menerapkan prokes covid-19, untuk menekan penularannya. 

Loading...

“Polres Serang Kota koordinasi dengan vihara lakukan sterilisasi, Sat Brimob Polda Banten, di setiap sudut ruangan. Tiga vihara di Kota Serang. Kita turunkan personil untuk jaga, ibadah dibatasi 50 persen. Total ada 80 personel yang berjaga untuk tempat ibadah, tetap laksanakan patroli dan razia kendaraan,” kata Kapolres Serkot, AKBP Maruli Ahiles Hutapea, dilokasi yang sama, Senin (31/01/2022).

Berdirinya Vihara Avalokitesvara memiliki berbagai versi, ada yang mengatakan berdiri tahun 1542 masehi di Dermayon. Kemudian dipindahkan ke kawasan Pamarican tahun 1774 Masehi. Ada juga yang menerangkan vihara tersebut dibangun tahun 1652 masehi. Meski begitu, jarak vihara dan masjid agung kesultanan Banten yang berdekatan, tetap menjadi simbol toleransi dan kerukunan antar umat beragam, etnis hingga kebudayaan di Banten. (Yandhi/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here