Wali Kota Serang: Baru Kali Ini Banjir Sampai 5 Meter

Foto: net.

Centralnews – Serang, Selain curah hujan yang tinggi, banjir di Kota Serang dinilai salah satunya disebabkan oleh luapan ait dari Bendungan Sindangheula. Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Serang Syafrudin, saat meninjau banjir di Perumahan Padma Raya, Serang, Selasa (1/3/2022).

“Kemudian juga ada informasi ini, juga ada saluran dari [Bendungan] Sindangheula ke sini, ada luapan air dari Sindangheula masuk ke Kota Serang. Jadi tahun ini nih baru kali ini Padma Raya [banjir] sampai 5 meter,” kata Wali Kota Serang Syafrudin, Selasa (1/3).

“Hujan itu bukan di Kota Serang aja, di Pandeglang, Kabupaten Serang juga. Cibanten itu ujungnya Kota Serang, di Karangantu. Luapan Sungai Cibanten terlalu besar, jadi banyak yang terendam. Hari ini baru kita data, posko sudah kita buka,” terangnya.

Selain itu, Kota Cilegon juga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 60 centimeter, lokasinya di Kecamatan Cibeber.

Kepala BPBD Kota Cilegon Nikmatullah mengatakan banjir di Kota Baja itu diperkirakan merupakan kiriman dari Kabupaten Serang. Pasalnya, air tiba-tiba datang pada pagi hari.

Akibatnya, 200 Kepala Keluarga (KK) terendam banjir akibat luapan Sungai Cibeber. Para korban banjir sudah diberi bantuan sembako oleh Pemkot Cilegon.

“Kalau sampah udah bersih. Yang pasti curah hujan tinggi, kiriman dari Serang. Pagi enggak banjir, jam 08.30 WIB kok meluap,” kata Nikmatullah, Selasa (1/3).

Untuk diketahui, proyek bendungan ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Bendungan ini dibangun pada alur Sungai Cibanten dengan volume tampungan total sebesar 9,26 juta meter kubik dengan lupa genangan sebesar 128,50 ha.

Presiden Jokowi saat meresmikannya mengklaim bendungan Sindangheula mampu mengendalikan banjir di Banten, khususnya Kabupaten Serang dan sekitarnya.



Dia juga mengklaim Bendungan Sindangheula akan menampung luapan air dari Sungai Ciujung dan Cidurian, yang diharapkan bisa mengatasi banjir di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Cilegon.

“Bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir. Dengan mereduksi, mengurangi banjir 50 meter kubik per detik,” kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (4/3/2021)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here