Siapkan UMKM Berdaya Saing Tinggi, BI Banten Gelar Karya Kreatif Banten 2022

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Banten Imaduddin Sahabat

Centralnews –  Serang, Dalam rangka Untuk mempersiapkan UMKM agar bisa berdaya saing tinggi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Banten akan menggelar Karya Kreatif Banten (KKB) 2022 di Sumarecon Mall Serpong, 20-22 Mei 2022.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Banten Imaduddin Sahabat mengatakan KKB 2022 ini Sebagai salah satu upaya nyata untuk mempersiapkan UMKM agar bisa berdaya saing tinggi. Seperti tema KKB 2022 kali ini yaitu “Sinergitas untuk pemberdayaan UMKM berdaya saing tinggi melalui digitalisasi dan globalisasi dalam rangka pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan”.

“Kita ingin UMKM Banten tidak hanya go nasional tapi bisa go Internasional, dan alhamdulilah beberapa UMKM Banten sudah ekspor ke New York, dan sambutan mereka baik,” ungkap Imaduddin saat konferensi pers di salah satu kafe Kota Serang, Rabu (18/05/22).

Loading...

Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Perdagangan provinsi Banten Rudiansyah Thoib

Imaduddin juga mengatakan rangkaian kegiatan Karya Kreatif Banten (KKB) Tahun 2022 terdiri dari talkshow tentang coaching clinic bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya, pelaksanaan expo secara online dan offline yang menampilkan UMKM unggulan atau premium dengan kategori produk Fashion, Kerajinan, Makanan dan Mlnuman, yang akan di ikuti oleh 80 pelaku UMKM, dan akan ada rekor Muri kue Jojorong yang akan di buat menara dengan tinggi sekitar dua meter dengan jumlah kue Jojorong sebanyak 1800 buah.

“Dalam kegiatan KKB ini sebenarnya ada 500 UMKM yang kemudian kita kurasi dan terpilihlah 80 UMKM yang unggulan atau kelas premium untuk menunjukan bahwa produk Banten bisa bersaing, selain itu ada yang menarik dalam pembukaan KKB ini, akan ada fashion show yang di ikuti istri-istri pimpinan Perbankan dan istri-istri dari pimpinan Pemerintahan Daerah di Banten, ini sebagai komitmen Pemda mendukung UMKM,” ujar Imaduddin

Sedangkan untuk target expo KKB 2022 ini, lanjut Imaduddin pihaknya menargetkan sekitar 6 milliar. “Tahun kemarin kita mendapatkan 3,7 milliar, tahun ini target kita dua kali lipat dari tahun kemarin, dan tahun ini kita melibatkan beberapa platform penjualan UMKM seperti Plaza Banten, Blibli, Bukalapak, Tokopedia dan Ladara, ada program promo belanja sampai akhir Juni,” imbuhnya

Sementara itu Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Perdagangan provinsi Banten Rudiansyah Thoib mengatakan sangat apresiasi dan menyambut baik dengan kegiatan KKB tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. 

“Sangat apresiasi kepada BI Banten karena sudah bekerja sama dengan kami dalam membina UMKM. Untuk membangun ekosistem digital memang harus di siapkan UMKMnya agar bisa lompat yang tadinya konvensional ke digital,” kata Rudi

“Melalui event ini diharapkan kedepannya UMKM Banten naik kelas, karena kami juga akan melibatkan Dekranasda provinsi dan Dekranasda Kab/Kota,” tutup Rudi (Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here